Cari Blog Ini

Minggu, 04 April 2021

ANALISA BISNIS

Business analysis atau analisis bisnis adalah disiplin ilmu untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan menentukan solusi untuk masalah-masalah bisnis.

Solusi sering termasuk komponen sistem pembangunan, tetapi juga dapat terdiri dari perbaikan proses, perubahan organisasi atau perencanaan strategis dan pengembangan kebijakan. Bisnis analisis adalah mereka yang bekerja hanya pada sistem perangkat lunak berkembang dan bisa disebut Analis Bisnis IT, Bisnis Teknis Analis, Bisnis Online atau Analis Sistem Analis.

Bisnis analisis mengacu pada keterampilan, teknologi, aplikasi dan praktek untuk terus-menerus berulang eksplorasi dan investigasi kinerja bisnis masa lalu untuk mendapatkan wawasan dan perencanaan perjalanan bisnis.


Bisnis analisis berfokus pada pengembangan wawasan baru dan pemahaman tentang kinerja bisnis berdasarkan data dan metode statistik. Sebaliknya, intelijen bisnis tradisional memfokuskan pada penggunaan satu set konsisten metrik untuk kedua ukuran kinerja masa lalu dan panduan perencanaan bisnis, yang juga didasarkan pada data dan metode statistik.

Bisnis analisis ekstensif menggunakan data, analisis statistik dan kuantitatif, pemodelan dan prediksi jelas, dan berdasarkan fakta manajemen untuk mendorong pengambilan keputusan. Analystics dapat digunakan sebagai masukan untuk keputusan manusia atau dapat mengarahkan keputusan - keputusan yang sepenuhnya otomatis. Intelijen bisnis query, pelaporan, dan OLAP.

Dengan kata lain, query, pelaporan, OLAP, dan alat-alat sinyal dapat menjawab pertanyaan seperti apa yang terjadi, berapa banyak, seberapa sering, di mana masalahnya, dan apa tindakan yang diperlukan. Analisis bisnis dapat menjawab pertanyaan seperti mengapa hal ini terjadi, bagaimana jika tren ini terus, apa yang akan terjadi selanjutnya (yaitu, memprediksi), apa yang terbaik yang bisa terjadi (yaitu, mengoptimalkan).

Analisa bisnis usaha sebagai suatu disiplin memiliki berat tumpang tindih dengan analisis kebutuhan kadang-kadang juga disebut persyaratan teknik, tapi berfokus pada identifikasi perubahan untuk sebuah organisasi yang diperlukan untuk itu untuk mencapai tujuan strategis. Perubahan ini termasuk perubahan strategi, struktur, kebijakan, proses, dan sistem informasi.

Enterprise Analisis atau Analisis Perusahaan

Fokus pada pemahaman kebutuhan bisnis secara keseluruhan, arah strategis, dan mengidentifikasi inisiatif yang akan memungkinkan sebuah bisnis untuk mencapai tujuan-tujuan strategis.

Hal ini mencakup:

  • Membuat dan mempertahankan arsitektur bisnis
  • Melakukan studi kelayakan
  • Mengidentifikasi peluang bisnis baru
  • Scoping and defining new business opportunities Penjajakan dan mendefinisikan peluang bisnis baru
  • Menyiapkan kasus bisnis
  • Melakukan penilaian risiko awal

Persyaratan Perencanaan dan Pengelolaan

Melibatkan proses perencanaan kebutuhan pengembangan, yang menentukan persyaratan adalah prioritas tertinggi untuk implementasi, dan mengelola perubahan. Persyaratan elisitasi menjelaskan teknik untuk mengumpulkan kebutuhan dari stakeholder dalam suatu proyek. Beberapa teknik untuk elisitasi persyaratan adalah:

Persayaratan Analisis dan Dokumentasi

Menjelaskan bagaimana mengembangkan dan menentukan persyaratan dalam detail yang cukup untuk memungkinkan mereka menjadi sukses dilaksanakan oleh tim proyek.

Tiga bentuk utama analisis adalah:

Sementara persyaratan dokumentasi dapat berupa salah satu:

  • Tekstual
  • Matriks
  • Diagram
  • Model

Persyaratan Komunikasi

Menjelaskan teknik untuk memastikan bahwa para pemangku kepentingan memiliki pemahaman bersama tentang persyaratan dan bagaimana mereka akan diimplementasikan.

Solusi Penilaian dan Validasi

Menjelaskan bagaimana analis bisnis dapat memverifikasi kebenaran dari solusi yang diusulkan, bagaimana mendukung implementasi solusi, dan bagaimana menilai kekurangan mungkin dalam pelaksanaannya.

Teknik Analisis Bisnis

Ada sejumlah teknik bisnis generik yang Analis bisnis akan digunakan saat memfasilitasi perubahan bisnis. Beberapa teknik ini meliputi:

PESTLE

PESTLE digunakan untuk melakukan analisis lingkungan eksternal dengan memeriksa banyak faktor eksternal yang berbeda yang mempengaruhi organisasi.
Keenam atribut PESTLE :

  • Political (mempengaruhi potensi dari tekanan politik)
  • Economic (lokal, nasional dan dampak ekonomi dunia)
  • Sosiological (Cara-cara di mana masyarakat dapat mempengaruhi organisasi)
  • Technological (Pengaruh teknologi baru)
  • Legal (Pengaruh perundang-undangan nasional dan dunia)
  • Environtmental (Isu lingkungan lokal, nasional, dan dunia)

HEPTALYSIS

HEPTALYSIS digunakan untuk melakukan analisis mendalam dalam tahap awal usaha / usaha pada tujuh kategori penting

  • Market Opportunity
  • Product / Solution
  • Execution Plan
  • Financial Engine
  • Human Capital
  • Potential Return
  • Margin of Safety

MOST

MOST digunakan untuk melakukan analisis lingkungan internal dengan mendefinisikan atribut MOST untuk memastikan bahwa proyek yang Anda kerjakan sejalan untuk masing-masing dari 4 atribut. Keempat atribut MOST:

  • Mission (dimana tujuan usaha akan sampai)
  • Objective (tujuan utama yang akan membantu mencapai misi)
  • Strategies (Pilihan untuk bergerak ke tujuan)
  • Tactics (bagaimana strategi diterapkan)

SWOT

SWOT digunakan untuk membantu fokus kegiatan ke daerah kekuatan dan di mana kesempatan terbesar terletak. Ini digunakan untuk mengidentifikasi bahaya yang berupa kelemahan dan baik ancaman internal dan eksternal. Keempat atribut dari SWOT :

  • Strengths – Apa keuntungannya? Apa yang saaat ini dilakukan dengan baik?
  • Weakness – Apa yang bisa diperbaiki? Apa yang dilakukan dengan buruk?
  • Opportunities – Apakah peluang baik yang akan dihadapi perusahaan?
  • Threats – Apakah kendala yang diahadapi perusahaan?

CATWOE

CATWOE digunakan untuk mendorong proses berpikir tentang apa bisnis yang ingin dicapai. Bisnis perspektif membantu analis bisnis untuk mempertimbangkan dampak dari setiap solusi yang diajukan pada orang yang terlibat. Ada enam unsur CATWOE :

  • Customers – Siapa yang dapat manfaat dari proses bisnis tingkat tertinggi dan bagaimana masalah ini mempengaruhi mereka?
  • Actors - Siapa yang terlibat dalam situasi ini, yang akan terlibat dalam pelaksanaan solusi dan apa yang akan mempengaruhi keberhasilan mereka?
  • Transformation Process – Apakah proses atau system yang terpengaruh oleh isu tersebut?
  • World View – Apakah gambaran besar dan dampak yang lebih luas dari masalah?
  • Owner – Siapa yang memiliki proses atau situasi yang sedang diselidiki dan peran apa yang akan mereka mainkan dalam larutan?
  • Environtmental Constraints – Apa kendala dan keterbatasan yang akan berdampak solusi dan keberhasilan?

de Bono’s Six Thinking Hats

De Bono’s Six Thinking Hats sering digunakan dalam sesi brainstorming untuk menghasilkan dan menganalisa ide-ide dan pilihan. Hal ini berguna untuk mendorong jenis tertentu berpikir dan bisa menjadi cara yang nyaman dan simbolis untuk meminta seseorang untuk “pindah persneling” Ini melibatkan membatasi kelompok untuk hanya memikirkan cara-cara tertentu -. Memberikan ide & analisis dalam “mood” dari waktu ke waktu. De Bono’s Six Thinking antara lain :

  • White – Murni fakta, logis
  • Green – Kreatif, Emosional
  • Yellow – Bright, Optimis, Positif
  • Black – Negatif
  • Red - Emosional
  • Blue - Dingin

Tidak semua warna / suasana hati harus digunakan

Five Why’s

Five Why’s digunakan untuk sampai ke akar dari apa yang sebenarnya terjadi dalam satu contoh. Untuk setiap jawaban yang diberikan lebih jauh ‘mengapa’ yang diminta.

MoSCoW

MoSCoW digunakan untuk memprioritaskan kebutuhan dengan mengalokasikan sebuah prioritas yang tepat, mengukur itu terhadap keabsahan persyaratan itu sendiri dan prioritas terhadap persyaratan lainnya. MoSCoW terdiri dari:

  • Must Have – Harus memiliki atau gagal
  • Should Have - Harus memiliki atau akan mengambil solusi lain
  • Could Have – Harus memiliki untuk meningkatkan kepuasan pengiriman
  • Would Like to Have in the Future – Harus memiliki tetapi tidak sekarang

VPEC-T

Teknik ini digunakan ketika menganalisis harapan banyak pihak yang memiliki pandangan yang berbeda dari suatu sistem di mana mereka semua memiliki kepentingan yang sama, namun memiliki prioritas yang berbeda dan tanggung jawab yang berbeda.

  • Values – merupakan tujuan, keyakinan dan keprihatinan dari semua pihak yang berpartisipasi.
  • Policies – Kendala yang mengatur apa yang dapat dilakukan dan cara yang dapat dilakukan
  • Events – proses dunia nyata yang mendukung aktivitas
  • Content – Konten dari percakapan dokumen, pesan, dll. Yang diproduksi dan digunakan oleh semua aspek kegiatan usaha

Business Analysis Approach

Pendekatan analisis bisnis/business analyst approach adalah definisi dari pendekatan yang akan diambil untuk analisis bisnis dalam inisiatif tertentu. Pendekatan analisis bisnis dapat menentukan peran tim, deliverables, teknik analisis, waktu dan frekuensi interaksi pemangku kepentingan/stakholder, dan unsur-unsur lain dari proses analisis bisnis. Metodologi adalah suatu pendekatan/apporach analisis bisnis formal dan berulang. Ini termasuk keputusan tentang dimana aset proses dari organisasi akan diterapkan dan setiap keputusan yang dibuat tentang tailoring proses untuk situasi tertentu.

Stakeholder Requirements

Stakeholder requirements adalah pernyataan dari kebutuhan stakeholder tertentu atau pemangku kepentingan. Mereka menggambarkan kebutuhan dari pemangku kepentingan tertentu dan bagaimana pemangku kepentingan tersebut akan berinteraksi dengan solusi yang akan dikembangkan. Stakeholder berfungsi sebagai jembatan antara kebutuhan bisnis dan berbagai kelas persyaratan solusi yang akan dikembangkan. Stakeholder requirements dikembangkan melalui analisis kebutuhan.

Business Process Improvement

Sebuah perbaikan proses bisnis (BPI) biasanya melibatkan enam langkah:

  • Pemilihan proses dan pemimpin tim
    Proses tim, terdiri dari 2-4 karyawan dari berbagai departemen yang terlibat dalam proses tertentu, yang mengatur. Setiap tim proses memilih seorang pemimpin tim, biasanya orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan proses masing-masing.

  • Pelatihan Analisis Proses
    Proses anggota tim yang dipilih akan dilatih dalam analisis proses dan dokumentasi teknik.

  • Wawancara Analisis Process
    Para anggota tim melakukan proses beberapa wawancara dengan orang-orang yang bekerja di sepanjang proses. Selama wawancara, mereka mengumpulkan informasi tentang struktur proses, serta data kinerja proses.

  • Dokumentasi Proses
    Hasil wawancara digunakan untuk menggambar pertama peta proses. Sebelumnya deskripsi proses yang ada ditinjau dan terintegrasi, sedapat mungkin. Perbaikan proses Kemungkinan, dibahas selama wawancara, diintegrasikan ke dalam peta proses.

  • Siklus Review
    Dokumentasi draft ini kemudian dikaji oleh karyawan yang bekerja dalam proses. Siklus review tambahan mungkin diperlukan dalam rangka untuk mencapai pandangan umum (citra mental) dari proses dengan seluruh karyawan yang bersangkutan. Tahap ini merupakan iteratif proses.

  • Analisis masalah
    Sebuah analisis mendalam tentang masalah proses kemudian dapat dilakukan, berdasarkan peta proses, dan informasi yang dikumpulkan tentang proses. Pada saat proyek, proses tujuan informasi dari audit strategi juga tersedia, dan digunakan untuk mendapatkan langkah-langkah untuk perbaikan proses.

Goal of Business Analysis

Pada akhirnya, analisa bisnis ingin mencapai hasil sebagai berikut:

  • Reduce Waste – Mengurangi Sampah
  • Create Solutions – Menciptakan Solusi
  • Complete Projects on Time – Menyelesaikan proyek tepat waktu
  • Improve Efficiency – Meningkatkan Efisiensi
  • Document the Right Requirements – Dokumen persyaratan yang tepat

Salah satu cara untuk menilai tujuan ini adalah untuk mengukur laba atas investasi (ROI) untuk semua proyek. Menurut Forrester Research, lebih dari $ 100 miliar dihabiskan setiap tahun di Amerika Serikat pada internal proyek dan mengembangkan perangkat lunak kustom. Untuk semua proyek pengembangan perangkat lunak, menjaga data akurat yang penting dan pemimpin bisnis terus-menerus meminta pengembalian atau ROI pada proyek yang diusulkan atau pada akhir proyek aktif. Namun, meminta ROI tanpa data yang memadai di mana nilai diciptakan atau dihancurkan dapat mengakibatkan dengan proyeksi yang tidak akurat.

Solution Requirements

Solution requirements menggambarkan karakteristik solusi yang memenuhi persyaratan bisnis dan persyaratan pemangku kepentingan/stakeholder. Solution requirements dikembangkan melalui analisis kebutuhan. Solution requirements sering dibagi menjadi beberapa sub kategori, terutama ketika persyaratan menggambarkan solusi perangkat lunak.

Functional Requirements

Functional requirements menggambarkan perilaku dan informasi yang akan dikelola oleh solusi yang akan dikembangkan. Functional requirements menggambarkan kapabilitas dari sistem dalam merespon operational-specific tasks.

Non Functional Requirements

Non functional requirements menangkap kondisi yang tidak secara langsung berhubungan dengan perilaku atau fungsi dari solusi yang akan dikembangkan, menggambarkan lingkungan kondisi dimana solusi harus tetap bekerja secara efektif. Mereka juga dikenal sebagai kualitas atau persyaratan tambahan. Ini mencakup persyaratan yang berkaitan dengan kapasitas, kecepatan, keamanan, ketersediaan dan arsitektur informasi dan presentasi dari user interface.

Transition Requirements

Transition requirements menggambarkan kemampuan harus dimiliki oleh sebuah solusi dalam rangka memfasilitasi transisi dari keadaan saat ini (as-is) perusahaan untuk keadaan masa depan (to-be) yang diinginkan. Transition requirements tidak akan diperlukan setelah transisi telah berjalan secara lengkap. Transition requirements dibedakan dari jenis persyaratan/requirements lain karena mereka selalu bersifat sementara dan mereka tidak dapat dikembangkan sampai kedua solusi as-is dan to-be didefinisikan.

Transition requirements biasanya mencakup konversi data dari sistem yang ada, celah keterampilan yang harus dibenahi, dan perubahan terkait lainnya untuk mencapai keadaan to-be yang diinginkan. Transition requirements dikembangkan melalui penilaian solusi dan validasi.

Referensi

  • Kathleen B Hass, Richard Vander Horst, Kimi Ziemski (2008). From Analyst to Leader: Elevating the Role of the Business Analyst Management Concepts, 2008. ISBN 1-56726-213-9. p94: "As the discipline of business analysis becomes professionalized”
  • Alternaltive definition of Business Analysis from BCS ISEB.
  • “Business Open Learning Archive”. Chris Jarvis for the BOLA Project.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transformasi Digital: Pengertian, Dampak, dan Manfaatnya

Digital Worker, Providing Software Robots – Terkait dengan transformasi digital yang semakin tak terelakkan, pengusaha dan pemimpin bisnis d...