Cari Blog Ini

Sabtu, 15 April 2023

Strategi Tingkat Fungsional – Pengertian, Jenis & Contoh

Bagaimana Anda mencapai tujuan organisasi tahunan Anda? Apakah Anda baru saja menetapkan angka tahunan dan mulai mengejarnya secara membabi buta? Atau, apakah Anda menetapkan pencapaian semi-tahunan, bulanan, mingguan, atau bahkan harian? Manakah cara yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda? Jelas, menetapkan tujuan jangka pendek adalah pendekatan yang lebih baik untuk mencapai target yang lebih besar.

Selain itu, Anda juga memerlukan strategi untuk mengelola tugas-tugas tingkat fungsional rutin atau sehari-hari ini. Dalam istilah bisnis, Anda memerlukan strategi tingkat fungsional. Ingin tahu lebih banyak tentangnya, jenisnya, kepentingannya, dan contoh nyatanya? Nah, jika Anda melakukannya, teruslah membaca!

Apa Itu Strategi Tingkat Fungsional?

Strategi tingkat fungsional adalah rencana tindakan untuk mencapai tujuan bisnis jangka pendek, rutin, atau tujuan sehari-hari untuk mendukung strategi tingkat perusahaan dan bisnis. Pada dasarnya, strategi tingkat fungsional membantu bisnis untuk mengelola kegiatan operasional sehari-hari atau rutin.

Penting untuk dicatat bahwa strategi tingkat fungsional melibatkan beberapa area operasional atau fungsional seperti pemasaran, SDM, produksi, R&D, penjualan, dll. Selain itu, setiap unit fungsional umumnya mengembangkan strategi fungsionalnya sendiri.

Strategi tingkat fungsional harus memiliki bahan-bahan berikut:

  • Ini harus mencerminkan tujuan/sasaran tingkat perusahaan dan bisnis.
  • Ini harus memastikan alokasi sumber daya yang optimal di semua area/unit fungsional.
  • Last but not least, strategi tingkat fungsional perlu memaksimalkan koordinasi antara semua area fungsional untuk mengoptimalkan hasil mereka.

Mengapa Strategi Tingkat Fungsional Penting?

Strategi tingkat fungsional penting untuk organisasi mana pun karena alasan berikut;

  1. Ini berfungsi sebagai batu loncatan untuk mencapai tujuan tingkat perusahaan dan bisnis.
  2. Strategi tingkat fungsional membantu dalam mengembangkan tata letak untuk melakukan operasi bisnis sehari-hari/rutin.
  3. Ini bertindak sebagai kekuatan yang mengikat dalam bisnis apa pun; mengintegrasikan berbagai departemen fungsional/operasional seperti SDM, pemasaran, penjualan, R&D, produksi, hubungan pelanggan, dll.
  4. Strategi tingkat fungsional lebih bersifat pragmatis/praktis dan membantu dalam menangani setiap skenario praktis di tingkat mikro (dalam suatu organisasi).

Fitur Strategi Fungsional

Berikut adalah beberapa fitur penting dari strategi tingkat fungsional:

  • Dibandingkan dengan strategi bisnis atau perusahaan, strategi tingkat fungsional bersifat jangka pendek.
  • Ini menetapkan tata letak tentang apa yang harus dilakukan bisnis untuk membuat strategi besar bekerja.
  • Tujuan dasar dari setiap strategi tingkat fungsional adalah untuk akhirnya mengejar strategi perusahaan.
  • Ini berkaitan dengan departemen, fungsi, dan divisi organisasi.
  • Strategi tingkat fungsional juga menangani area subfungsional (jika ada).
  • Setiap unit fungsional atau departemen mengembangkan strategi fungsionalnya berdasarkan pedoman dari tingkat yang lebih tinggi.
  • Strategi tingkat fungsional berada di urutan terakhir dalam hierarki. Mereka mendukung strategi tingkat bisnis, yang akhirnya mendukung strategi tingkat korporat.
  • Strategi tingkat fungsional terutama berfokus pada lingkungan eksternal.
  • Strategi tingkat fungsional dapat bervariasi untuk organisasi yang sama di lokasi yang berbeda. yaitu unit bisnis/waralaba yang berbeda di berbagai daerah/kota/negara bagian.
  • Strategi fungsional dari setiap unit fungsional harus memiliki integrasi yang kuat antara satu sama lain untuk memenuhi tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Faktor Strategi Tingkat Fungsional

Penyelarasan

Seperti yang telah kami sebutkan, strategi tingkat fungsional harus selaras dengan strategi tingkat bisnis dan korporat. Jika tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan laba, maka strategi tingkat bisnis dan fungsional sangat sesuai dengannya.

Integrasi

Adalah wajib untuk menerapkan strategi tingkat fungsional secara horizontal. Ini membantu dalam mengintegrasikan unit fungsional yang berbeda untuk menghasilkan efisiensi yang lebih baik.

Sumber Daya yang Ada

Setiap departemen, divisi, atau unit fungsional harus memiliki sumber daya yang cukup seperti modal, tenaga kerja, dll, untuk pelaksanaan strategi tingkat fungsional.

Kemajuan

Mengukur efektivitas strategi fungsional bisa sangat menantang karena informasi yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat penting bagaimana dan jenis data apa yang harus dilacak untuk mengevaluasi apakah ada kemajuan atau tidak.

Jenis Strategi Tingkat Fungsional Dengan Contoh

Ada jenis utama strategi tingkat fungsional, termasuk;

Strategi Pemasaran

Pemasaran telah berkembang sebagai salah satu unit fungsional terpenting dalam organisasi mana pun. Meskipun pemasaran adalah bidang yang luas itu sendiri, pada dasarnya berfokus pada mengidentifikasi kebutuhan audiens target dan kemudian menawarkan produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Strategi pemasaran terdiri dari bagian-bagian yang berbeda, tetapi bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) bisa dibilang yang paling penting.

Saat ini ada beberapa teknik pemasaran, antara lain pemasaran relasional, pemasaran sosial, pemasaran tempat, pemasaran orang, pemasaran langsung, dll.

Sekarang, jika strategi tingkat perusahaan organisasi berfokus pada Kualitas, Pengiriman, dan Efisiensi, berikut adalah bagaimana departemen organisasi yang berbeda merespons.

Contoh

KualitasMenawarkan kiriman yang bermanfaat.
PengirimanBereaksi tepat waktu terhadap perubahan kebutuhan pelanggan musiman.
EfisiensiTargetkan audiens yang tepat untuk kampanye pemasaran yang akan datang/berikutnya.

Strategi Keuangan

Strategi keuangan berkaitan dengan setiap bagian/area yang berada di bawah pengelolaan keuangan. Strategi ini terutama berfokus pada perencanaan, perolehan, penggunaan, dan pengendalian sumber daya keuangan perusahaan. Jika kita menggali lebih dalam, strategi keuangan berkaitan dengan penerbitan/peningkatan modal, akuisisi aset, investasi, penganggaran, pengelolaan modal kerja, penerapan dana, pembayaran dividen, dll.

Contoh

KualitasMemasukkan informasi dan memberikannya ke unit fungsional lain dengan kesalahan minimal atau tanpa kesalahan.
PengirimanMemastikan akses data real-time.
EfisiensiOtomatisasi proses akuntansi/pembiayaan.

Strategi Produksi

Strategi produksi mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan proses produksi. Proses ini meliputi sistem manufakturmanajemen rantai pasokan, logistik, dan perencanaan & pengendalian operasional. Tujuan inti dari strategi produksi adalah

  • Memaksimalkan kualitas.
  • Meminimalkan total biaya produksi.
  • Meningkatkan kuantitas.

Contoh

KualitasPeningkatan kualitas proses produksi.
PengirimanMeminimalkan pemborosan waktu.
EfisiensiMengontrol/meminimalkan keterlambatan proses produksi.

Strategi Sumber Daya Manusia

Strategi sumber daya manusia dalam suatu organisasi berkaitan dengan setiap aspek yang terkait dengan tenaga kerja organisasi. Fungsi inti dari setiap departemen SDM adalah bekerja untuk pengembangan karyawan dan membantu mereka dengan kondisi kerja yang sesuai dan peluang pertumbuhan sehingga mereka dapat berkontribusi pada tujuan organisasi. Selain itu, SDM meliputi rekrutmen, pelatihan, motivasi, pengembangan, dan retensi karyawan.

Contoh

KualitasProgram pelatihan reguler untuk peningkatan keterampilan
PengirimanMemastikan proses rekrutmen dan perekrutan tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja organisasi.
EfisiensiMeminimalkan biaya proses rekrutmen/perekrutan.

Strategi Penelitian & Pengembangan

Strategi R&D terutama berfokus pada dua hal;

  • Inovasi; mengembangkan produk baru
  • Melakukan perbaikan pada produk saat ini

Sebuah bisnis perlu terus memperkenalkan produk baru dan meningkatkan yang sudah ada untuk menerapkan strategi bisnis yang berbeda seperti penetrasi pasardiversifikasi konsentris, dan pengembangan produk. Secara umum, ada tiga pendekatan R&D untuk mengimplementasikan strategi-strategi ini;

  1. Jadilah inovator; perkenalkan produk yang belum pernah ada sebelumnya
  2. Menghasilkan produk berbiaya rendah
  3. Jadilah pengikut yang cerdas dan inovatif; menambahkan lebih banyak fitur dan meluncurkan produk serupa tetapi lebih baik daripada pesaing.

Contoh

KualitasMengembangkan produk inovatif untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.
PengirimanMenerapkan teknik desain paralel untuk meminimalkan waktu ke pasar.
EfisiensiMembuat proses R&D lebih sederhana.

Contoh Strategi Fungsional

Yahoo- Marissa Mayer Gagal Memahami Tingkat Fungsional Perusahaan

Sejarah

Yahoo (raksasa industri di masa lalu) mempekerjakan seorang eksekutif Google yang terkenal dan sukses, Marissa Mayer, berharap bahwa dia akan mengubah nasib untuk “berjuang” Yahoo. Awalnya, para investor sangat percaya bahwa dia akan mampu mengeluarkan perusahaan dari “lubang gelap”. Namun, apa yang terjadi benar-benar bertentangan dengan harapan semua orang.

Dari sekian banyak kesalahan, blunder terbesar Marissa adalah kesalahpahaman total terhadap korporasi di level fungsional/operasional. Dia memang membuat proposal untuk perubahan yang berbeda tetapi meremehkan penolakan terhadap perubahan ini dari karyawan tingkat bawah Yahoo.

Hasil

Setelah semua usahanya sia-sia, dia akhirnya mengusulkan solusi terbaik; menjual Yahoo. Verizon mengakuisisi Yahoo (yang pernah menjadi perusahaan senilai $135 miliar) hanya dengan $5 miliar.

Kesimpulan

Yahoo akhirnya melihat kejatuhannya karena perusahaan gagal mengintegrasikan strategi tingkat fungsional dengan strategi perusahaan yang diusulkan oleh Mayer.

https://belajarekonomi.com/strategi-tingkat-fungsional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transformasi Digital: Pengertian, Dampak, dan Manfaatnya

Digital Worker, Providing Software Robots – Terkait dengan transformasi digital yang semakin tak terelakkan, pengusaha dan pemimpin bisnis d...