Cari Blog Ini

Kamis, 22 September 2022

Apa Itu Leadership? Pengertian, Jenis, serta Manfaat Leadership

Apa itu leadership? Leadership adalah salah satu istilah yang kerap kita jumpai di dalam suatu organisasi. Bisa jadi, hal yang terbesit di pikiran Anda ketika mendengarnya adalah sosok pemimpin yang memberikan panduan pada anak buahnya.

Namun sebetulnya, leadership lebih dari sekadar hal tersebut. Bisa dikatakan, leadership yang baik akan membawa perusahaan menuju gerbang keberhasilan.

Memahami Apa Itu Leadership

leadership adalah

Secara singkat, arti kata leadership sendiri adalah kepemimpinan. Namun jika dijabarkan secara lengkap, leadership juga berarti sebuah sikap untuk mempengaruhi, memotivasi, dan juga mendelegasikan orang lain untuk melakukan hal-hal tertentu agar mencapai tujuan.

Selain itu, leadership juga dapat diartikan sebagai bagaimana seseorang memimpin. Tentu setiap orang memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing.

Hal tersebut ditentukan berdasarkan karakter masing-masing orang. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua pemimpin dapat diidentifikasikan sebagai pemimpin yang baik.

Leadership di dalam sebuah perusahaan juga sangat penting sebagai ujung tombak yang melakukan koordinasi pada karyawan yang terlibat agar target yang sudah ditentukan sejak awal cepat tercapai.

Sifat leadership juga tidak hadir pada satu orang bos saja. Ia dapat hadir di semua bagian manajerial yang memiliki posisi sebagai head atau lead di dalam divisinya, sehingga sudah merupakan tugas mereka untuk mengarahkan anggota satu timnya.

Jenis-Jenis Leadership

Setiap pemimpin memiliki jenis leadership mereka masing-masing. Untuk itu ada beberapa jenis leadership yang bisa diadaptasi. Berikut di antaranya.

Essential Leadership

Jenis leadership yang satu ini akan menunjukkan seorang pemimpin yang memiliki mental kepemimpinan yang sangat baik.

Di bawah kepemimpinannya, ia mampu menunjukkan sikap yang dapat mendorong para anggota timnya untuk mengerahkan kemampuan terbaiknya dan menunjukkan performa yang baik.

Exponential Leadership

Leadership jenis ini memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu melihat potensi setiap anggotanya dan memberdayakan kemampuan mereka pada poros yang tepat sehingga perusahaan dapat berkembang dengan pesat.

Business Leadership

Ia merupakan pemimpin yang dapat berpikir strategis dari sisi bisnis. Sikap yang ia ambil dalam perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan baik dalam jangka waktu dekat maupun jangka panjang.

Organizational Leadership

Jenis leadership ini memiliki kemampuan untuk mengelola organisasi dalam tim dan merancangnya agar lebih efektif, semata-mata untuk meningkatkan proses pencapaian tujuan bisnis.

Team Leadership

Leadership jenis ini merupakan tipe kepemimpinan yang sangat cocok bekerja di dalam tim. Ia dapat mengelola tim dengan baik dan mengajak anggota timnya untuk mencapai target bersama.

Gaya Kepemimpinan dalam Perusahaan

leadership adalah

Selain jenis-jenis kepemimpinan di atas, masih ada beberapa gaya kepemimpinan yang umumnya diterapkan di dalam perusahaan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Autokratis

Dalam gaya kepemimpinan jenis ini, biasanya pemimpin biasa mengambil keputusan tanpa meminta pendapat atau pertimbangan anggota timnya.

Demokratis

Meski pemimpin tetap yang memegang kendali dalam penentuan keputusan, namun gaya kepemimpinan ini tetap mempertimbangkan pendapat dari masing-masing anggota tim.

Transformasional

Gaya kepemimpinan ini ingin membuat perubahan dengan cara yang menyeluruh. Ia akan mengubah budaya kerja hingga membalikkan keadaan untuk meraih keuntungan yang banyak.

Transaksional

Gaya leadership ini akan mengutamakan kinerja dari masing-masing anggota tim dan memastikan mereka sudah bekerja dan menyelesaikan tugas sesuai dengan apa yang diharapkan.

Mereka cenderung tidak akan mengubah keadaan yang sudah stabil.

Sikap yang Diharapkan untuk Memiliki Leadership yang Baik

Ada ciri-ciri yang dominan dari seorang pemimpin yang baik. Sikap-sikap ini sangat dibutuhkan agar seseorang mampu meningkatkan skill leadership mereka. Berikut di antaranya.

Decision Making

Setiap masalah butuh sebuah solusi dan terkadang harus diputuskan dengan cepat. Seorang pemimpin harus mampu memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang cepat agar dapat menyelesaikan masalah dan siap menghadapi tantangan selanjutnya.

Peka Terhadap Situasi Sosial

Leadership yang baik harus peka terhadap situasi sosial yang ada di sekitarnya. Selain itu, ia juga harus dituntut dapat mengambil sikap menyesuaikan situasi tersebut.

Bijaksana

Ketika bekerja di dalam satu tim, akan ada banyak pendapat serta perspektif. Maka dari itu, seorang pemimpin harus mampu mengumpulkan aspirasi mereka dan menjadikan hal tersebut bahan pertimbangan untuk membuat keputusan.

Berani

Pastinya akan ada banyak masalah yang dihadapi dalam tim. Untuk itu dalam leadership, seseorang harus berani dalam menghadapi masalah tersebut dan mencari solusi terbaik untuk memecahkannya.

Tips Meningkatkan Skill Leadership

Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Orang yang memegang jabatan kepemimpinan dalam perusahaan belum tentu dapat memiliki sikap leadership yang baik.

Nah, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Ini beberapa tipsnya untuk Anda gunakan sebagai referensi jika kelak menjadi pemimpin di organisasi Anda.

Selalu Proaktif

Jika Anda menjadi seorang yang selalu proaktif, Anda dapat mengidentifikasi masalah lebih cepat sehingga Anda dapat menemukan solusi atas permasalahan tersebut dengan lebih cepat.

Aktif mencari solusi dan mencari cara baru untuk sesuatu yang Anda kerjakan akan melatih Anda menjadi seorang yang memiliki sikap leadership yang baik.

Memiliki Tanggung Jawab yang Besar

Seorang pemimpin memikul beban semua anggotanya. Jika terjadi kesalahan, pemimpin lah yang akan disalahkan terlebih dahulu. Istilahnya, berani berbuat berani bertanggung jawab.

Tanggung jawab bisa dimulai dari hal kecil, yakni menghadapi masalah dan tidak kabur, berani mengambil risiko bisnis, hingga memikirkan kesejahteraan dan kondisi dari anggota tim.

Punya Visi yang Baik

Memiliki visi adalah hal yang penting. Sama seperti sebuah perusahaan yang pasti memiliki visi, seorang pemimpin juga harus demikian.

Misalnya saja, visi bisa sesederhana cita-cita atau pencapaian apa yang ingin Anda raih dalam beberapa waktu ke depan. Jika Anda memiliki visi, Anda berarti memiliki tanggung jawab serta dorongan untuk mencapainya.

Jangan lupa untuk menyampaikan visi Anda ke semua tim agar mereka memiliki pandangan yang sama dan muncul rasa tanggung jawab bersama untuk ikut mencapainya demi target bersama.

Mau Memberikan Contoh

Terakhir, seorang pemimpin yang baik adalah mau memberikan contoh yang baik untuk para anggota timnya.

Artinya, ia tidak segan untuk turun langsung dan membimbing mereka agar mereka dapat bekerja dengan baik, memberikan tips untuk mengembangkan skill, hingga menjadi contoh dalam menentukan sikap.

 https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/apa-itu-leadership-pengertian-jenis-serta-manfaat-leadership/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transformasi Digital: Pengertian, Dampak, dan Manfaatnya

Digital Worker, Providing Software Robots – Terkait dengan transformasi digital yang semakin tak terelakkan, pengusaha dan pemimpin bisnis d...